Perlukah Membeli Asuransi Jiwa?

Ketika kita membeli suatu barang sering kita lupa bertanya perlukah barang itu? begitupun ketika membeli asuransi jiwa, kita pun jarang bertanya perlukah membeli asuransi tersebut? bahkan sering karena tidak enak sama yang nawarin, kita terpaksa membelinya. atau mungkin karena yang nawarinnya “gigih banget” sampai akhirnya kita menyerah dan membeli produk asuransi tersebut. Padahal sebetulnya kita tidak paham dan mengerti dengan produk asuransi tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang perlukah membeli asuransi jiwa?

Saya akan mengajukan sebuah pertanyaan siapakah dari ketiga tokoh berikut ini yang perlu asuransi jiwa :

1. Batman

2.Spiderman

3.Sinchan

ayo coba dijawab (kayak ujian aja ya hehehe…) pengen tahu jawabannya…penasaran?

Jawabannya : ketiga tokoh tersebut tidak perlu asuransi jiwa, kenapa?

Prinsip dari Asuransi Jiwa adalah mengganti kerugian finansial atas jiwa seseorang, oleh karena itu ada beberapa kriteria bagi orang-orang yang perlu dilindungi asuransi jiwa yaitu :

1. Harus ada penghasilan (finansial) yang dilindungi yang akan hilang. artinya kalau seseorang tidak mempunyai penghasilan berarti dia tidak mempunya “nilai ekonomis” yang harus dilindungi.

2. Harus ada tanggungan. Ingat kata kuncinya adalah kerugian secara finansial oleh karena itu apabila seseorang meninggal dunia maka harus ada orang lain yang bergantung hidup terhadap penghasilan tersebut. Jika tidak ada tanggungan maka tidak ada kebutuhan asuransi.

3. Ketidakcukupan dana. Apabila yang mempunyai penghasilan sudah kaya sekali, dan hartanya tidak akan habis sampai tujuh turunan maka Dia tidak perlu asuransi.

Berdasarkan prinsip Asuransi Jiwa tersebut, mari kita bahas soal kita.

Apakah Batman perlu Asuransi Jiwa? jawabannya tidak. karena Batman, orang kaya banget penguasa Gotham City (sudah lihat filmnya kan hehehe….)  Dia single dan tidak punya tanggungan.

Apakah Spiderman perlu Asuransi Jiwa? jawabannya tidak. karena Spiderman, seorang pengangguran (tidak punya penghasilan) dan belum punya tanggungan.

Apakah Sinchan perlu Asuransi Jiwa? jawabannya tidak. Anak kecil tidak perlu asuransi jiwa karena dia belum punya penghasilan.

Sebagai penutup saya ingin mengajukan pertanyaan lagi apakah Joshua kecil penyanyi cilik dulu dengan lagu “diobok-obok” memerlukan asuransi jiwa? jawabannya perlu, karena dia walaupun masih kecil, dia sudah berpenghasilan dan orang tuanya pun hidup dari penghasilan Joshua.

Demikianlah hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan membeli Asuransi Jiwa.

Silahkan share jika bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *