Nasihat Mempesona dari Seorang Kakek Bijaksana

Hari yang cerah. Seorang kakek sedang duduk bersama cucu kesayangannya. Hari ini ia akan memberi nasihat yang paling berharga sebagai bekal mengarungi kehidupan.

“Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan sebuah gambar seperti ini dalam hidup kita.” Sang kakek mengambil sebuah kertas putih, digambarlah dua bentuk seperti sebuah tetesan air.

“Tampak tidak ada artinya gambar ini Kek?”

“Iya, karena kita belum mewarnainya Nak! Kehidupan hanya memberi gambar yang netral, kitalah yang diberi kebebasan untuk memilih warna yang akan kita berikan untuk gambar ini!”

Sebuah crayon merah mulai digoreskan dengan cekatan oleh si kakek, perlahan-lahan mulai terlihat membentuk sesuatu,

“Sekarang sudah terlihat seperti gambar percikan api, Kek!”

“Betul sekali Nak, jika kau memilih warna merah, ia akan menjadi sepercik api yang panas dan membakar! Sekarang Kakek akan tunjukkan padamu pilihan kedua.”

Kali ini ia mengambil crayon biru, kemudian diwarnai dengan hati-hati bidang gambar yang satu lagi,

“Wah kali ini menjadi setetes air, Kek!”

“Tepat seperti yang kau lihat Nak! Saat kau memilih warna biru, ia akan menjadi setetes air yang segar dan menyejukkan!”

Sang cucu memperhatikan kedua gambar tersebut dengan ekspresi yang serius. Kedua orang itu terdiam. Dinding ikut membisu. Suasana dibiarkan hening oleh si kakek, sampai akhirnya ia mengajukan sebuah pertanyaan,

“Kau tahu apa artinya Nak?”

“Aku belum faham apa maksud semua ini Kakek?”

“Beginilah hidup Nak. Sehari-hari kita selalu berhadapan dengan sebuah situasi. Ketahuilah bahwa kejadian apapun di depanmu itu adalah gambar putih yang bersih dan netral, sampai kau memutuskan untuk memberinya warna. Apakah kau akan membuatnya merah sehingga membakar dirimu sendiri? Atau membuatnya biru sehingga hatimu terjaga tetap sejuk?”

“Apakah ada orang lain yang bisa mempengaruhi warna yang kita pilih Kek?”

“Tidak ada Nak, seratus persen engkau sendiri yang berperan mengambil keputusannya.”

Sumber : telegram @arafat_channel

Jika suka dengan tulisan ini silahkan share ke temannya ya 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *