Apakah Uang Pertanggungan (UP) Asuransi Jiwa Anda Cukup?

Jika Anda sudah memiliki Asuransi Jiwa pernahkah Anda bertanya apakah Uang pertanggungan (UP) nya cukup untuk melindungi keluarga Anda?atau Jika Anda belum memiliki Asuransi Jiwa  Apakah anda tahu bagaimana cara menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa?

Biasanya terdapat 2 masalah yang dialami kebanyakan nasabah asuransi di Indonesi, yaituover premi dan under insured artinya premi yang telah dibayar untuk polis asuransi yang mereka miliki kemahalan dan perlindungan asuransi yang mereka dapatkan jauh di bawah kebutuhan mereka.

Over Premi dan Under insured terjadi ketika seseorang yang membutuhkan Asuransi jiwa atau uang pertanggungan yang besar ditawari produk asuransi yang preminya mahal (over premi) dan untuk membeli produk asuransi yang preminya terjangkau otomatis uang pertanggungan atau dana perlindungannya diturunkan (under insured).

Untuk menghindari terjadinya kedua hal tersebut, sebelum membeli polis asuransi tentukanlah besar uang perlindungan yang Anda butuhkan. Di dalam ilmu perencanaan keuangan ada metode Human Life Value (HLV) yang biasa digunakan untuk menghitung nilai perlindungan berdasarkan nilai ekonomis seseorang.

Human Life Value (HLV) memperhitungkan total kebutuhan asuransi jiwa seseorang berdasarkan pada besar penghasilan bulanan atau besar pengeluaran bulanan dikalikan dengan lama kebutuhan asuransi tersebut diperlukan. Dengan konsep dasar Human Life Value inilah polis asuransi yang Anda beli benar-benar dilakukan berdasarkan kebutuhan.Dengan kata lain
Human Life Value dapat memperhitungkan nilai ekonomis dari seseorang yang harus dilindungi.

HLV = Penghasilan perbulan x Lama Kebutuhan Asuransi

Contoh Kasus :

Sebuah keluarga memiliki 2 anak dengan usia 3 dan 5 tahun. Bapak berusia 35 tahun dan bekerja di perusahaan swasta dengan penghasilan bersih sebesar Rp 10 Juta per bulan. Bapak berencana berhenti bekerja sampai usia 55 tahun. Berapakah Uang Pertanggungan yang diperlukan jika Dia mau membeli produk Asurans Jiwa?

Jawab :

HLV = Rp 10 juta x 12 bulan x 20 tahun = Rp 2,4 Milyar

Dengan menggunakan metode Human Life Value (HLV), Uang pertanggungan yang diperlukan adalah sebesar :Rp 2,4 Milyar. Jadi Bapak tadi harus mencari produk asuransi jiwa dengan Uang pertanggungan Rp 2,4 Milyar.

Sekarang dengan menggunakan metode HLV, jika Anda sudah memiliki atau membeli produk Asuransi jiwa, silahkan cek apakah uang pertanggungannya sudah cukup atau belum?

Silahkan share jika bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *